CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 11 Mei 2013

Pengertian Narkoba dan Dampaknya



NARKOBA
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Obat-obatan berbahaya artinya adalah obat atau zat yang dapat merusak organ tubuh manusia sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun, meskipun Narkoba ini sangat berbahaya bagi tubuh, tak sedikit orang yang memakainya. Hal tersebut terjadi karena zat itu dapat menimbulkan efek candu bagi penggunanya. Tetapi narkoba bisa digunakan sebaik-baiknya sebagai zat yang berguna, misalnya digunakan sebagai zat pembius saat operasi. Beberapa Narkoba misalnya Narkotika dan zat Psikotropika.
a.       Narkotika artinya obat bius. Narkotika adalah bahan yang berasal dari 3 jenis tanaman yaitu Candu, kokain, dan ganja baik murni maupun bentuk campuran. Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. Karena Narkotika merupakan zat yang sangat membahayakan bagi tubuh maka zat tersebut sang illegal. Berikut  adalah beberapa jenis narkotika :

o   Opium atau Candu
o   Codein atau Kodein
o   Methadone (MTD)
o   LSD
o   PC
o   mescalin
o   barbiturat
o   Hashish (Berbentuk tepung dan warnanya hitam. Ia dinikmati dengan cara diisap atau dimakan. Narkotika jenis yang kedua ini dikatakan agak tidak berbahaya hanya karena jarang membawa kematian)

b.      Psikotropika, zat psikotropika adalah suatu zat yang mempunyai efek terhadap kerja otak sehingga menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat. Pada awalnya Zat Psikotropika berasal dar tumbuhan, namun kini zat tersebut dapat dibuat dar laboratorium. Berikut adalah jenis jenis Psikotropika:

o   Depresan, adalah jenis obat yang berfunsi menekan sistem saraf pusat sehingga mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Psikotropika yang termasuk dalam jenis ini adalah Opioid, heroin, morfin, dan turunannya. Apabiala seseorang mengkonsumsi zat ini melebihi dosis, maka dapat menimbulkan kematian. Pada awal pemakaian, pengguna akan merasa tenang dan kemudian menjadi apatis, mengantuk dan pingsan. Semua gerak refleks menurun, mata menjadi sayu, daya penilaian menurun, dan fungsi jantung terganggu.
o   Stimulan, adalah zat yang menimbulkan rasa semangat, segar dan bergairah tinggi. Pada awalnya pemakai zat ini akan merasa semangat, bergairah, dan segar. Namun, semakin lama pengguna akan merasa susah tidur, hiperaktif, agresif, denyut jantung jad semakin cepat dan mudah tersinggung. Zat yang termasuk dalam golongan ini adalah kokain, amfetamin, dan kafein.
o   Halusinogen, adalah obat alamiah atau obat buatan yang menimbulkan efek penyimpangan presepsi seperti halusinasi, misalnya mendengar suara-suara, melihat sesuatu tanpa ada rangsangan. Ciri-ciri orang yang memakai zat ini adalah hilangnya kendali akan ruang dan waktu, perasaan curiga, munculnya halusinasi ringan maupun berat. Contoh zat yang termasul dal golongan ini adalah Ganja, LSD, Kecubung, Mescaline, dan Pysolocibin.

c.       Psikotropika yang sering digunakan
o   Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya,yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana. Ganja menjadi simbol budaya hippies yang pernah populer di Amerika Serikat. Hal ini biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas. Selain itu ganja dan opium juga didengungkan sebagai simbol perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan negara kapitalis terhadap negara berkembang. Di India, sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shiva menggunakan produk derivatif ganja untuk melakukan ritual penyembahan dengan cara menghisap hashish melalui pipa chilam/chillum, dan dengan meminum bhang.
o   Heroin atau  adalah sejenis opioid alkaloid.Heroin adalah derivatif 3.6-diasetil dari morfindan disintesiskan darinya melalui asetilasi. Bentuk kristal putihnya umumnya adalah garam hidroklorida. Heroin dapat menyebabkan kecanduan.

d.      Dampak Negatif:
Apakah dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba? Tentu saja kalau kita pikir-pikr pasti sangatlah banyak, juga pasti berbahaya bagi tubuh. Orang yan mengkonsumsi zat psikotropika dapat mengalami gangguan sistem saraf pusat dan jantung, serta masih banyak lagi. Berikut adalah dampak negatif penggunaan narkoba :
o   Semua zat psikotropika dapat menimbulkan ketergantungan dan putus obat apabila penggunaan obat dihentikan.
o   Pengguna Psikotropika biasanya melakukan tindakan kriminal,untuk memenuhi kepuasannya kan zat berbahaya tersebut. Misalnya bagi pelajar, mereka tak segan untuk mengambil uang orang tuanya hanya untuk memuasakan nafsunya akan zat tersebut.
o   Penggunaan kokain dalam jangkau lama dapat menimbulkan gangguan pencenaan, mual, kurangnya nafsu makan, berat badan menurun, sulit tidur, halusinasi ringan dan apabila kokain dihirup melalui hidung akan menyebabkan kerusakan pada tulang hidung.
o   Ekstasi dapat menyebabkan rusaknya sistem kerja otak dan jantung.
e.       Ciri-ciri orang yang kecanduan:
o   Berat badan turun drastis
o   Mata terliha cekung dan merah, muka pucat.
o   Tangan penuh bintik-bintik merah seperti digigit nyamuk
o   Goresan dan perbahan warna kulit di tempat bekas suntikan
o   Sangat sensitif dan cepat bosan.
o   Bila ditegur, malah membangkang.
o   Nafsu makan tida tentu
o   Tidak peduli pada keluarga
o   Malas sering melupakan tanggung jawab
o   Dll.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...